SUGAR MINT

Manfaat Daun Peppermint untuk Kesehatan

Daun pepermint (mentha piperita) adalah tanaman herbal yang berasal dari Eropa dan Asia. Daun ini memiliki aroma yang khas dan menyegarkan, serta memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan.

Berikut ini beberapa manfaat daun peppermin untuk kesehatan:

A man touching his stomach, on gray background with copy space. Stomach pain and others stomach disease concept.
  • Membantu pencernaan

Daun pepermint mengandung mentol, senyawa yang memiliki sifat antiposmodik, antiinflamasi, dan antiradang. Mentol dapat membantu merelaksasi otot-otot saluran pencernaan, sehinga dapat mengurangi gejala-gejala gangguan pencernaan seperti mual, muntah, sakit perut, kembung, dan diare.

  • Meringankan sakit kepala

Daun pepermint juga dapat membantu meredakan sakit kepala, terutama sakit kepala tegang dan migrain. Menthol dalam daun pepermint dapat meningkatkan aliran darah ke kepala, sehingga dapat membantu mengurangi peradanagn dan sakit kepala.

  • Mencegah Bau Mulut

Daun pepermint dapat membantu mencegah bau mulut karena dapat membantu membunuh bakteri penyebab bau mulut. Mentol daun pepermint juga dapat membantu menyegarkan napas.

  • Meredakan gejala sinusitis

Daun pepermint dapat membantu meredakan gejala sinusitis, seperti hidung tersumbat, bersin-bersin, dan sakit kepala. Mentol dalam pepermint dapat membantu melegakan saluran pernapasan dan mengurangi peradanga.

  • Meningkatkan Fungsi Otak

Daun pepermint dapat meningkatkan fungsi otak, seperti daya ingat, konsentrai dan fokus. Mentol dalam pepermint dapat meningkatkan aliran darah ke otak dan meningkatkan produksi dopamin, yaitu neurotransmiter yang berperan dalam fungsi otak.

Meningkatkan suasana hati serta berperan dalam meyampaikan rangsangan ke seluruh tubuh
Meningkatkan suasana hati serta berperan dalam meyampaikan rangsangan ke seluruh tubuh

Apa fungsi dopamine?

Dopamin adalah salah satu senyawa kimia di dalam otak yang dapat meningkatkan suasana hati serta berperan dalam menyampaikan rangsangan ke seluruh tubuh. Pasalnya, produksi kadar dopamin yang cukup dapat menyebabkan seseorang merasa bahagia. Itulah sebabnya, hormon dopamin disebut juga dengan happy hormone.

  • Meningkatkan mood

Daun pepermin juga dapat membantu meningkatkan mood. Mentol dalam daun pepermint dapat meningkatkan produksi serotonin, yaiut neorotransmiter yang berperan dalam pengaturan mood.

Cara mengkonsusmsi daun pepermint

Daun pepermint dapat dikonsusmsi berbagai cara antara lain:

  • Diminum sebagai teh

Daun pepermint dapat diseduh dengan air panas untuk membuat teh pepermint, teh pepermint dapat diminum hangat atau dingin.

  • Ditambahkan dimakanan

Daun pepermint dapat ditambahkan diberbagai makanan seperti salad, sup dan saus.

  • Digunakan sebagai minyak essensial

Minyak essensial pepermint dapat digunakan untuk massage, aromaterapi, atau dioleskan kekulit.

Kesimpulan

Daun pepermin adalah tanaman herbal yang memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Daun ini dapat membantu mengatasi ganguan pencernaan, sakit kepala, bau mulut, sinusitis, dan gangguan fungsi otak.

Credit:

@bard

Editor: Indra Bayu

Leave A Comment